Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Cara Merawat Luka Sunat Agar Cepat Sembuh

Khitan atau sunat merupakan salah satu tindakan operasi untuk menghilangkan kulup atau prepusium yang menutupi kepala mister P (penis) hingga bagian lehernya sehingga menimbulkan luka sunat. Seperti operasi lainnya, khitan juga meninggalkan luka bekas jahitan. Luka sunat ini harus dirawat dengan tepat agar penyembuhan berjalan dengan cepat tanpa keluhan.

 Umumnya proses khitanan akan dilakukan pada usia anak-anak dan membutuhkan bantuan orang tua dalam merawat anak yang baru saja menjalani proses sunat. Pada prinsipnya setiap luka akan sembuh sendiri kecuali ada beberpa kendala seperti infeksi.

 Infeksi menjadi masalah utama yang mungkin saja terjadi setelah menjalani khitanan. Infeksi tidak hanya menimbulkan nanah serta nyeri berkepanjangan, tetapi infeksi juga membuat luka menjadi lama sembuh bahkan dapat membahayakan kesehatan secara keseluruhan.

Berikut Adalah Cara Merawat Luka Sunat

merawat luka sunat

1. Minum obat nyeri

Sebelum dikhitan, dokter akan memberikan obat bius lokal yang langsung disuntikkan pada saraf-saraf yang menuju kulit preputium yang hendak dipotong. Obat bius ini sangat penting guna menghilangkan rasa nyeri selama proses khitan hingga beberapa waktu setelahnya. Ketika efek bius sudah hilang, maka pasien akan merasakan kesakitan.

Untuk itu, dokter juga membekali beberapa obat, yang terdiri dari analgesik, anti pembengkakan dan peradangan, serta antibiotik. Ketiga obat ini sebaiknya segera diminum tepat setelah proses khitan selesai agar tidak merasakan sakit akibat hilangnya obat bius.

2. Istirahat

Umumnya dokter menutup luka sunat dengan kasa yang sebelumnya telah diolesi dengan cream antibiotik atau istilahnya diperban. Kasa ini bertujuan untuk melindungi luka tersebut agar tidak mudah terinfeksi dengan lingkungan sekitar sekaligus berguna untuk menyerap rembesan darah apabila terjadi. Meski tidak terjadi pendarahan, dokter tetap mengoleskan cream antibiotik pada luka bekas jahitan. Istirahat setelah disunat mutlak diperlukan guna mengurangi rasa sakit dan mempercepat pemulihan.

3. Hindari aktivitas berat

Mengingat jahitan baru saja dibuat, perban juga baru dipasang, maka di samping istirahat tentu saja anak tidak boleh melakukan aktivitas fisik yang berat, misalnya berlari, main bola, dan aktivitas fisik sejenis. Hal ini bertujuan untuk menghindari perdarahan, terlepasnya jahitan, ataupun perban penutup.

4. Jaga perban luka sunat tetap kering dan bersih

Jangan biarkan benda-benda kotor, air, dan lainnya merusak perban. Jika hal ini sampai terjadi, maka risiko infeksi akan meningkat karena bakteri senang dengan lingkungan yang kotor, basah, dan lembab.

Jadi selalu kenakan pakaian untuk melindungainya, namun pakaian tersebut tidak boleh menyentuh bekas jahitan secara langsung. Oleh sebab itu, untuk menjaga hal ini, maka sebaiknya kenakan celana khusus khitan atau celana yang longgar, bisa juga menggunakan sarung untuk melindungi luka sunat.

Jangan mengipasi area khitan guna menghindari pencemaran dari debu atau udara kotor. Jika terjadi keluhan nyeri, cukup gunakan obat analgesik dari dokter dan konsultasikan kembali apabila obat tidak bekerja dengan maksimal untuk mengrangi rasa sakit sehabis khitanan dan luka sunat dapat lebih cepat sembuh.

 

Sunat Modern tersebar di beberapa daerah seperti di Bogor / Cibinong, Tempat sunat di Cipanas, Klinik khitan di Ciledug dan Klinik Sunat di Pamulang. Dengan dokter yang berpengalaman dan tempat sunat yang nyaman membuat anak rileks karena sambil bermain ditempat yang kami sediakan seperti di area bermain anak. Kami selalu berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik untuk setiap pasien yang berkunjung ke klinik. 

Jika ingin mencari rumah sunat, sebaiknya pilih yang lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah. Kemudahan akses serta pelayanan yang terbaik merupakan hal-hal penting sebelum melakukan tindakan sunat. Apalagi jika anak memiliki kondisi kesehatan tertentu yang mengharuskan dia untuk sunat. Sudah pasti kualitas rumah sunat dan dokter yang menanganinya pun harus dokter dan tim medis yang berpengalaman agar luka sunat yang timbul dapat sembuh lebih cepat.

Nah, sudah siap untuk khitan di Sunat Modern? Yuk, ke Klinik kami dan rasakan pengalaman sunat yang nyaman dan menyenangkan!

Hubungi kami melalui kontak berikut atau kunjungi langsung di cabang SUMO terdekat di kota anda.

1. SUMO Cibinong

2. SUMO Ciledug

3. SUMO Pamulang

4. SUMO Cipanas

Leave a Reply

Your email address will not be published.