Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Cara Tepat Menghadapi Anak Yang Tantrum

Tantrum adalah ledakan emosi, biasanya dikaitkan dengan anak-anak atau orang-orang dalam kesulitan emosional, yang biasanya ditandai dengan sikap keras kepala, menangis, menjerit, berteriak, menjerit-jerit, membangkang, marah.

 

Tantrum sering kali terjadi kepada anak, kondisi ini wajar terjadi di masa pertumbuhan anak khususnya anak yang berusia 5 tahun kebawah. Namun kondisi itu bisa menyebabkan orang tua panik dan terkadang orang tua tidak tepat mengatasi anak yang tantrum. Padahal cara menghadapi yang salah justru semakin membuat keadaan anak semakin buruk.


Tantrum terjadi biasanya ketika anak sedang merasa lapar, lelah, merasa tidak nyaman, atau karena merasa tidak bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan. Dengan itu, Ayah dan Bunda tak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi anak yang tantrum. Apa saja itu? Yuk simak beberapa cara berikut!

Cara Menghadapi Anak Yang Tantrum

Jangan Panik

Ketika si Kecil panik, orang tua sebaiknya tidak panik atau cemas. Karena, jika orang tua merasa panik maka orang tua sulit untuk berpikir jernih dan akan merasa bingung apa saja hal yang harus dilakukan untuk menghadapi anak yang tantrum.

 

Abaikan Anak

Hal selanjutnya yang dapat orang tua lakukan adalah dengan mengabaikannya. Orang tua perlu berhenti memberikannya perhatian agar tidak meningkatkan kemarahan anak. Tetapi, tindakan mengabaikannya hanya dilakukan ketika anak tidak berada situasi yang membahayakan ya.

 

Biarkan Anak Marah

Anak yang tantrum hanya perlu mengeluarkan amarahnya. Oleh karena itu biarkan anak marah ketika tantrum selama tidak membahayakan dirinya. Cara ini dapat membantu anak untuk melampiaskan amarah dengan tidak merusak. Alhasil ketika anak beranjak dewasa, anak bisa belajar mengendalikan amarah dan tidak beradu mulut dengan orang tua.

 

 

Jangan Berteriak Kepada Anak 

Orang tua harus ingat bahwa anak adalah cerminan dari kedua orang tua. Ketika orang tua marah karena anak sedang tantrum, maka anak akan ikut berteriak dan menyamakan suara dengan orang tua. Hal ini dilakukan karena anak bisa terlibat komunikasi dengan kedua orang tuanya.

 

 

Bantu Anak Menyelesaikan Hal Yang Tidak Bisa Dilakukan

Tantrum bisa disebabkan karena anak gagal melakukan sesuatu seperti contoh, ketika menggunakan baju tetapi gagal. Jika hal ini terjadi orang tua bisa bertanya kenapa anak marah dan membantu anak melakukan hal yang membuat anak marah.
 
Itu adalah beberapa cara untuk mengatasi anak yang tantrum. Mulai dari mengabaikan anak hingga membantu anak melakukan hal yang tidak bisa dilakukan. Jika beberapa cara tersebut gagal untuk dilakukan, cara terakhir adalah dengan memeluknya erat. Karena cara itu diyakini untuk meluapkan emosi anak yang tertahan.

 

 

Sunat Modern tersebar di beberapa daerah seperti di Bogor / Cibinong, Tempat sunat di Cipanas, Klinik khitan di Ciledug dan Klinik Sunat di Pamulang. Dengan dokter yang berpengalaman dan tempat sunat yang nyaman membuat anak rileks karena sambil bermain ditempat yang kami sediakan seperti di area bermain anak. Kami selalu berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik untuk setiap pasien yang berkunjung ke klinik.

Jika ingin mencari rumah sunat, sebaiknya pilih yang lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah. Kemudahan akses serta pelayanan yang terbaik merupakan hal-hal penting sebelum melakukan tindakan sunat. Apalagi jika anak memiliki kondisi kesehatan tertentu yang mengharuskan dia untuk sunat. Sudah pasti kualitas rumah sunat dan dokter yang menanganinya pun harus dokter dan tim medis yang berpengalaman

Nah, sudah siap untuk khitan di Sunat Modern? Yuk, ke Klinik kami dan rasakan pengalaman sunat yang nyaman dan menyenangkan!

Hubungi kami melalui kontak berikut atau kunjungi langsung di cabang SUMO terdekat di kota anda.

1. SUMO Cibinong

2. SUMO Ciledug

3. SUMO Pamulang

4. SUMO Cipanas

Leave a Reply

Your email address will not be published.