Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tak Perlu Khawatir, Ini Yang Harus Dilakukan Jika Anak Batuk Pilek

Batuk pilek biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri yang menginfeksi hidung dan tenggorokan. Batuk pilek dengan infeksi biasanya dapat sembuh sendiri dalam beberapa hari jadi tidak perlu mengkonsumsi antibiotik. Tapi yang harus diobati dengan antibiotik adalah batuk pilek karena disebabkan oleh infeksi bakteri.

 

Meskipun tidak berbahaya, tapi batuk pilek yang terjadi pada anak akan mengganggu aktivitas dan waktu tidur anak. Anak yang biasa bersemangat pun akan merasa lesu dan lelah untuk melakukan aktivitas seperti biasanya. Bila seperti ini, orang tua pasti ingin anak segera sembuh dan beraktivitas seperti biasanya.

 

Gejala batuk pilek pada anak sangat mudah dikenali, diantaranya batuk, demam (bisa mencapai 39 derajat celcius), nyeri ketika menelan atau nyeri tenggorokan, sakit kepala, nyeri otot, dan nyeri sendi. Anda tidak perlu khawatir jika anak mengalami batuk pilek. Hindari pemberian obat-obatan tanpa adanya resep dokter seperti antibiotik yang dapat menimbulkan resistensi antibiotik dan  efek samping lainnya pada anak.

 

Jika anak mengalami batuk dan pilek dianjurkan untuk segera dibawa ke dokter apalagi jika anak masih berusia 2 tahun kebawah. Namun masih bisa di ringankan dengan melakukan beberapa tips berikut seperti :

 

 

anak batuk pilek, apa yang harus dilakukan?

 

1. Pastikan Anak Tidur Cukup

Saat mengalami batuk dan pilek, anak memerlukan lebih banyak tenaga untuk melawan virus. Oleh karena itu biarkan anak beristirahat dengan cukup.

 

2. Berikan Lebih Banyak Air Putih

Jika anak sudah berusia lebih dari 6 bulan, beri anak minum air putih lebih banyak. Air putih akan membantu mengencerkan dahak di saluran pernafasan sehingga lebih mudah dikeluarkan.

 

3. Oleskan Balsem Khusus Anak

Cara lain untuk meringankan batuk pilek pada anak adalah mengoleskan balsem ke dada, leher, dan punggungnya. Namun, pastikan balsem yang digunakan memang diformulasikan khusus untuk bayi atau anak. Balsem Bayi biasanya mengandung menthol, kayu putih, chamomile, dan camphor. Bahan-bahan alami tersebut dipercaya aman dan ampuh meringankan batuk pilek pada anak.

 

Orang tua juga perlu secepatnya menemui dokter jika batuk pilek yang dialami anak tidak kunjung membaik setelah 10 hari, disertai demam tinggi, sesak napas, dahak dan ingus berwarna kuning atau hijau, atau jika anak  tidak mau makan dan menyusu.

 

 

 

 

Sunat Modern tersebar di beberapa daerah seperti di Bogor / Cibinong, Tempat sunat di Cipanas, Klinik khitan di Ciledug dan Klinik Sunat di Pamulang. Dengan dokter yang berpengalaman dan tempat sunat yang nyaman membuat anak rileks karena sambil bermain ditempat yang kami sediakan seperti di area bermain anak. Kami selalu berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik untuk setiap pasien yang berkunjung ke klinik.B

Jika ingin mencari rumah sunat, sebaiknya pilih yang lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah. Kemudahan akses serta pelayanan yang terbaik merupakan hal-hal penting sebelum melakukan tindakan sunat. Apalagi jika anak memiliki kondisi kesehatan tertentu yang mengharuskan dia untuk sunat. Sudah pasti kualitas rumah sunat dan dokter yang menanganinya pun harus dokter dan tim medis yang berpengalaman

Nah, sudah siap untuk khitan di Sunat Modern? Yuk, ke Klinik kami dan rasakan pengalaman sunat yang nyaman dan menyenangkan!

Hubungi kami melalui kontak berikut atau kunjungi langsung di cabang SUMO terdekat di kota anda.

1. SUMO Cibinong

2. SUMO Ciledug

3. SUMO Pamulang

4. SUMO Cipanas

Leave a Reply

Your email address will not be published.