Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Anak Sulit Tidur Siang? Yuk Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Alasan anak menolak tidur siang adalah karena anak masih ingin bermain. Untuk orang tua yang mengalami situasi ini sangat disarankan untuk membiasakan anak tidur siang secara perlahan. Karena dengan tidur siang, kebutuhan tidur anak akan tercukupi dan agar tumbuh kembang anak berjalan dengan baik.

 

Bahkan tak jarang ada kasus orang tua yang mengajak anak tidur siang dapat memicu kemarahan dan benci saat diminta tidur siang. Anak seolah tidak ingin melewatkan sedikit waktunya yang biasa mereka gunakan untuk bermain di gunakan untuk tidur siang. Padahal waktu tidur anak adalah 13-14 jam perhari sesuai umurnya, untuk itulah kenapa anak harus tidur siang agar jam tidur nya terpenuhi.

 

Sebelum memikirkan cara mengatasi anak yang sulit untuk tidur siang, orang tua harus mengetahui penyebabnya dahulu. Yuk simak penyebab anak sulit untuk tidur siang!

Penyebab anak sulit tidur dan cara mengatasinya

Anak Merasa Takut Berpisah Dengan Orang Tua Jika Mereka

Perlu orang tua sadari kondisi ini merupakan normal dialami anak. Anak akan berpikir ketika dia tertidur dia akan merasa sendirian di kamar. Rasa takut ini lah yang membuat anak kesulitan tidur karena merasa ingin ditemani orang tuanya.

 

Jika orang tua ingin anak tidur siang, usahakan agar tidak mengajak anak mengobrol, bernyanyi atau sekedar memberikan makanan. Orang tua harus memberikan pelukan atau mengelus punggung secara perlahan agar memberikan kenyamanan untuk anak dan membuat nya cepat tertidur.

 

 

Terlalu Kelelahan Membuat Anak Sulit Tidur Tenang

Beberapa aktivitas anak terkadang membuat anak kelelahan. Apalagi anak terlalu banyak bermain dan tidak memiliki jeda untuk istirahat. Bahkan ketika anak merasa asik anak tidak jarang menolak untuk diajak tidur siang karena ingin bermain terus menerus. Mungkin orang tua akan bingung, aktivitas anak yang sangat banyak seharusnya membuat anak merasa kelelahan, namun justru anak tidak mau untuk tidur siang.

 

Perlu diketahui untuk orang tua, ketika anak ada di tahan kelelahan akan muncul hormon stress yang terus menerus mengalir ke darah. Seperti adrenalin yang membuat anak kesulitan untuk tidur siang.

 

Takut Mengalami Mimpi Buruk

Jangan kan anak, orang dewasa pun akan merasa tidak nyaman jika mengalami mimpi buruk. Apalagi jika mimpi buruk terjadi sangat sering. Mimpi buruk memang tidak berbahaya, tetapi itu cukup membuat anak merasa ketakutan dan trauma.

 

Jika anak mengalami mimpi buruk, orang tua diharapkan untuk menenangkan perasaan anak agar merasa nyaman kembali. Itu adalah beberapa penyebab anak mengalami tidur siang, kemudian berikut adalah beberapa cara orang tua mengatasi anak yang sulit tidur :

 

 

Mengenali Tanda Anak Mengantuk

Seperti yang kita ketahui, tanda-tanda anak mengantuk antara lain rewel, mengusap mata, dan menguap. Jika tanda-tanda seperti sudah mulai nampak, segera ajak anak pindah ke kamar dan bujuk ia untuk tidur.

 

Kemudian agar anak mudah tertidur, matikan lampu atau redupkan penerangan di kamar. Lalu hindari hal-hal yang membuat anak merasa terganggu seperti suara tv atau gadget.

 

 

 

Melakukan Rutinitas Rutinan

Sama seperti tidur di malam hari, orang tua juga bisa menerapkan rutinitas sebelum tidur siang kepada anak. Misalnya, menepuk-nepuk punggung anak atau membacakan dongeng sebelum anak tidur siang agar anak merasa nyaman untuk tidur.

 

Membuat Jadwal Tidur Yang Konsisten

Cara mengatasi sulit tidur anak berikutnya adalah dengan cara mengatur jadwal tidur anak secara konsisten. Orang tua harus menidurkan anak pada tempat dan jam yang sama setiap harinya bahkan di hari libur sekalipun. Jadwal tidur yang sama setiap hari membuat anak merasa nyaman dan membuat anak mengetahui jam tidur yang ia miliki.

 

Terapkan cara diatas untuk membuat anak mudah tertidur siang ya, tetapi ingat jangan tidur kan anak di kerata atau kursi dorong karena hal itu bisa membuat anak terjatuh dan terbiasa. Jika cara diatas masih gagal, coba untuk konsultasikan dengan dokter anak.

 

 

Sunat Modern tersebar di beberapa daerah seperti di Bogor / Cibinong, Tempat sunat di Cipanas, Klinik khitan di Ciledug dan Klinik Sunat di Pamulang. Dengan dokter yang berpengalaman dan tempat sunat yang nyaman membuat anak rileks karena sambil bermain ditempat yang kami sediakan seperti di area bermain anak. Kami selalu berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik untuk setiap pasien yang berkunjung ke klinik.

Jika ingin mencari rumah sunat, sebaiknya pilih yang lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah. Kemudahan akses serta pelayanan yang terbaik merupakan hal-hal penting sebelum melakukan tindakan sunat. Apalagi jika anak memiliki kondisi kesehatan tertentu yang mengharuskan dia untuk sunat. Sudah pasti kualitas rumah sunat dan dokter yang menanganinya pun harus dokter dan tim medis yang berpengalaman

Nah, sudah siap untuk khitan di Sunat Modern? Yuk, ke Klinik kami dan rasakan pengalaman sunat yang nyaman dan menyenangkan!

Hubungi kami melalui kontak berikut atau kunjungi langsung di cabang SUMO terdekat di kota anda.

1. SUMO Cibinong

2. SUMO Ciledug

3. SUMO Pamulang

4. SUMO Cipanas

Leave a Reply

Your email address will not be published.