Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Perawatan Luka Sunat Agar Cepat Sembuh

Setelah anak menjalani sunat atau khitan orang tua perlu mengetahui perawatan yang tepat dilakukan. Hal ini dilakukan agar si kecil segera pulih dan menghindari risiko infeksi atau komplikasi yang lain. Berikut adalah informasi seputar perawatan pasca sunat.

 

Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 7-10 hari untuk pemulihan anak pasca sunat. Lama perawatan tergantung penggunaan metode apa yang dipakai. Namun semakin kecil usia anak, semakin cepat pula proses penyembuhan dan jarang sekali terjadi komplikasi setelahnya. Oleh karena itu, banyak ahli menganjurkan untuk anak mengkhitan kan anaknya di usia 1-5 tahun.

 

Namun, kembali lagi pada kesiapan masing-masing orang tua dan anak. Selain itu, kondisi setiap anak berbeda-beda.  Jadi, ada baiknya orang tua menanyakan kondisi anak kepada dokter yang ahli.

 Berikut adalah tips perawatan luka sunat agar cepat sembuh.

klinik khitan modern

1. Minum Obat Penyeri

Setelah sunat mungkin anak akan merasa tidak nyaman, oleh karena itu dokter memberikan resep obat penyeri seperti paracetamol.

 

Sebaiknya orang tua mengikuti anjuran dokter untuk mengonsumsi obat-obatan yang diberikan oleh dokter.

2. Membersihkan Area Penis

Lakukan cara membersihkan luka sunat anak dengan benar, hindari menggunakan sabun untuk membersihkannya tapi menggunakan air hangat.

3. Mengganti Perban yang Kotor

Selama perawatan, penis si anak akan di perban. Oleh karena itu, orang tua harus menjaga kebersihan. Jika perban kotor atau basah artinya perban itu harus diganti.

4. Berendam Air Hangat

Sejak  3 hari setelah sunat, anak dianjurkan berendam dengan air hangat. Tujuannya mencegah pengerasan pada kulit dan membantu membersihkan area kulit penis.

 

Berendam menggunakan air hangat suam-suam kuku selama 5 sampai 10 menit tanpa perlu menggunakan sabun.

5. Pakai Baju dan Celana Longgar

Hindari penggunaan celana atau baju yang ketat selama perawatan. Pakaian yang ketat menekan area penis dan menyebabkan sakit.

 

Selain itu, sirkulasi udara dan darah kearah penis akan terhambat. Akibatnya, luka dipenis akan susah kering dan penyembuhan berlangsung lebih lama.

Kapan Harus Ke Dokter?

Selama masa perawatan pasca sunat, pantaulah terus kondisi si Kecil dan waspadalah jika ia mengalami kondisi-kondisi berikut.

– Bekas luka sunat terus menerus mengeluarkan darah.

– Tubuh si Anak lemas

– Area luka membengkak

– Anak demam

– Anak mengalami mual, muntah dan pusing

– Tidak bisa buang air kecil atau sakit ketika buang air kecil

 

Apabila anak mengalami hal itu, segeralah periksakan anak ke dokter atau kunjungi pusat layanan terdekat. 

 

Sunat Modern tersebar di beberapa daerah seperti di Bogor / Cibinong, Tempat sunat di Cipanas, Klinik khitan di Ciledug dan Klinik Sunat di Pamulang. Dengan dokter yang berpengalaman dan tempat sunat yang nyaman membuat anak rileks karena sambil bermain ditempat yang kami sediakan seperti di area bermain anak. Kami selalu berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik untuk setiap pasien yang berkunjung ke klinik. 

Jika ingin mencari rumah sunat, sebaiknya pilih yang lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah. Kemudahan akses serta pelayanan yang terbaik merupakan hal-hal penting sebelum melakukan tindakan sunat. Apalagi jika anak memiliki kondisi kesehatan tertentu yang mengharuskan dia untuk sunat. Sudah pasti kualitas rumah sunat dan dokter yang menanganinya pun harus dokter dan tim medis yang berpengalaman

Nah, sudah siap untuk khitan di Sunat Modern? Yuk, ke Klinik kami dan rasakan pengalaman sunat yang nyaman dan menyenangkan!

Hubungi kami melalui kontak berikut atau kunjungi langsung di cabang SUMO terdekat di kota anda.

1. SUMO Cibinong

2. SUMO Ciledug

3. SUMO Pamulang

4. SUMO Cipanas

Leave a Reply

Your email address will not be published.