Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Polio Ditemukan Di Aceh, Apa Upaya Pencegahannya?

Polio adalah salah satu virus yang menyerang sistem saraf dalam tubuh manusia. Polio ditularkan melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi dengan pasien terinfeksi. Banyak orang yang tidak sadar bahwa mereka terjangkit polio karena tidak merasakan sakit atau tidak bergejala. Namun, banyak orang yang terjangkit virus ini mengalami kelumpuhan yang berakibat fatal. Virus ini hanya bisa dicegah oleh vaksin, penanganan yang bisa dilakukan jika sudah terjangkit adalah dengan beristirahat dan mengkonsumsi obat pereda nyeri.

 

Telah ditemukan 3 anak menderita polio tanpa gejala yang lumpuh di Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh. Temuan ini berdasarkan pemeriksaan anak usia <5 tahun yang tinggal di sekitar kasus polio awal muncul. 

 

Sebelumnya telah ditemukan juga satu kasus polio pada awal November di kabupaten Pidie, Aceh sehingga pemerintah setempat menetapkan KLB atau Kejadian Luar Biasa Polio. Lalu dilakukan pemeriksaan epidemiologi disekitar lokasi awal polio ditemukan dengan pemeriksaan tinja terhadap 19 anak sehat dan tidak kontak dengan kasus yang berusia <5 tahun. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah sudah terjadi penyebaran terhadap virus tersebut.

Polio yang terjadi pada anak

Upaya Apa yang Harus Dilakukan Untuk Pencegahan? 

Dari pemeriksaan 19 anak tersebut, ditemukan 3 anak yang terjangkit polio namun ketiga anak tersebut tidak mengalami gejala lumpuh layuh. Oleh karena itu kemenkes tidak memasukan kasus 3 anak tersebut kedalam kasus polio. Namun, upaya pemantauan terus dilakukan hingga kini untuk memastikan tidak ada tambahan kasus lumpuh layuh yang belum terlaporkan.

 

Virus ini sangat berbahaya terutama bagi anak karena berdampak seumur hidup, menyebabkan kelumpuhan dan hingga saat ini belum ditemukan obatnya. Tetapi virus polio ini dapat dicegah dengan imunisasi rutin yang dapat dilakukan di Posyandu sekitar tempat tinggal.

 

Selain imunisasi yang harus dilakukan, pola hidup sehat dan bersih sangat berpengaruh dalam pencegahan penularan virus polio. Dengan adanya kasus 3 anak yang terjangkit virus polio tanpa gejala, ini menunjukkan bahwa pola hidup sehat dan bersih di lingkungan sekitar tempat tinggal tersebut masih kurang.

 

Masih ada masyarakat yang BAB ditempat terbuka seperti sungai. Meskipun telah tersedia toilet, lubang pembuangan tersebut langsung mengarah ke sungai, sementara air sungai tersebut digunakan masyarakat untuk berbagai aktivitas termasuk anak-anak yang bermain disungai tersebut maka dari itu penularan polio banyak terjadi.

 

 

Sunat Modern tersebar di beberapa daerah seperti di Bogor / Cibinong, Tempat sunat di Cipanas, Klinik khitan di Ciledug dan Klinik Sunat di Pamulang. Dengan dokter yang berpengalaman dan tempat sunat yang nyaman membuat anak rileks karena sambil bermain ditempat yang kami sediakan seperti di area bermain anak. Kami selalu berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik untuk setiap pasien yang berkunjung ke klinik. YanUoa

Jika ingin mencari rumah sunat, sebaiknya pilih yang lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah. Kemudahan akses serta pelayanan yang terbaik merupakan hal-hal penting sebelum melakukan tindakan sunat. Apalagi jika anak memiliki kondisi kesehatan tertentu yang mengharuskan dia untuk sunat. Sudah pasti kualitas rumah sunat dan dokter yang menanganinya pun harus dokter dan tim medis yang berpengalaman

Nah, sudah siap untuk khitan di Sunat Modern? Yuk, ke Klinik kami dan rasakan pengalaman sunat yang nyaman dan menyenangkan!

Hubungi kami melalui kontak berikut atau kunjungi langsung di cabang SUMO terdekat di kota anda.

1. SUMO Cibinong

2. SUMO Ciledug

3. SUMO Pamulang

4. SUMO Cipanas

Leave a Reply

Your email address will not be published.